11 Mar 2017

PKM 2016 lolos didania 2017





[9 Maret 2017]

PKM 2016 didanai 2017 telah diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Total 3918 proposal PKM dari 422 Perguruan Tinggi lolos didanai. 10 Perguruan Tinggi yang paling banyak meloloskan PKM nya adalah: IPB (195), UNDIP (190), ITS (187), UNAIR (134), UGM (129), UB (126), UNHAS (116), UNY (115), UNAND (109), dan UR (92).
Kejutan tahun ini datang dari tanah Makassar dan Sumatera, yang mana UNHAS berhasil menempati peringkat ke-7 serta UNAND dan UR yang menempati peringkat ke 9 dan 10. Sedangkan Perguruan Tinggi 10 besar lainnya sudah menjadi langganan PKM.
Di tengah euforia PKM 2016 lolos didanai 2017 ini, ada suatu kebanggaan yang luar biasa dan tak pernah disangka. Alhamdulillah...dari 14 proposal PKM UPN "Veteran" Jatim yang lolos didanai, Teknik Lingkungan memperoleh 6 PKM yang lolos didanai. Inilah hasil perjuangan panjang yang tak pernah henti meski kurangnya dukungan lembaga.
Jika ditarik kebelakang pada tahun 2014, perjuang tersebut dimulai dengan membentuk 1 kelompok untuk mengusulkan proposal PKM pada saat itu. Berbekal pengetahuan dan pengalaman ketika di UNAIR, dilakukan lah usulan kepada petinggi universitas untuk menerapkan beberapa strategi menyukseskan PKM. Namun dikarenakan tidak adanya sinergisitas dan langkah strategis yg diterapkan, akhirnya 2014 gagal.
Pada 2015, kegiatan dimulai dari cakupan yang lebih kecil yaitu Prodi Teknik Lingkungan. Dengan ditemani seorang kawan Rega Satria, kegiatan kelas PKM berhasil diselenggarakan guna mewadahi ide-ide kreatif mahasiswa TL angkatan 2015 yang sangat luar biasa, meskipun saat itu berjuang tanpa dukungan organisasi dan dukungan setengah hati dari prodi. Langkah strategis pun disusun dan dieksekusi agar memperoleh hasil yang diharapkan. Namun Tuhan berkata lain, nampaknya ikhtiar dan tawakal yang dilakukan saat itu masih kurang.
Pada tahun 2016 dengan bantuan HIMA-TL UPN "Veteran" Jatim yang memfasilitasi Kelas PKM agar lebih maksimal, Prodi TL yang kali ini lebih mendukung, dosen-dosen UPN "Veteran" Jatim yang memperjuangkan PKM (Bu Sri Winarti dan Bu Endang Yektiningsih) dengan sangat luar biasa karena harus melakukan safari ke fakultas-fakultas untuk menyosialisasikan dan menarik minat mahasiswa untuk aktif di PKM, Rekan-rekan dari berbagai ormawa di UPN "Veteran" Jatim yang ikut serta membantu menyukseskan PKM 2016 (BEM FEB, BEM FISIP, Himagri, Himatekk, Himatepa), dan Mahasiswa TL yang sudah berpartisipasi aktif di PKM yang tanpa lelah melakukan revisi, serta berbagai pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada mereka yang mendukung penuh PKM 2016 ini, karena tanpa sinergi yang kuat antar sesama dan juga kekuatan doa maka hal ini tidak dapat diperoleh.
Perjuang masih panjang kawan, untuk menuju PIMNAS 30 di UMI Makassar diperlukan ikhtiar dan tawakal yang lebih keras lagi.


#pkm #pimnas30 #iniceritakuapaceritamu

0 komentar:

Posting Komentar

Curriculum Vitae

CV