20 Feb 2017

Seminar Akademik: Upaya Ormawa Meningkatkan Iklim Keilmiahan untuk Berkompetisi

Jika pada November 2016 lalu untuk pertama kalinya diundang untuk mengisi kegiatan diskusi di fakultas lain (lebih tepatnya prodi Agrobisnis), pada Jumat (10 Februari 2017) menjadi salah satu moment yang luar biasa, karena pada saat itu mendapatkan kesempatan untuk mengisi materi pada Seminar Akademik "Bedah Karya Mahasiswa FTSP" yang diselenggarakan oleh WIDYASTANA HIMARS (Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur) dengan tujuan mempererat hubungan antar mahasiswa/i eks-FTSP (saat ini prodi T.Sipil dan T.Lingkungan menjadi bagian Fakultas Teknik, sedangkan Arsitektur dan Desain Komunikasi Visual menjadi Fakultas Arsitektur dan Desain), sharing-sharing keilmuan, dan menumbuhkan semangat mahasiswa untuk terus berkarya.
       Kegiatan yang dihadiri lebih dari 50 mahasiswa ini berjalan sangat menarik, karena perwakilan 1 orang dosen/praktisi dan 1 orang mahasiswa dari masing-masing prodi eks-FTSP ini memaparkan materi berdasarkan sudut pandang keilmuan mereka. Prodi Arsitektur yang diwakili oleh praktisi, memaparkan terkait pentingnya filosofi dalam setiap desain bangunan yang akan dibuat dan menikmati setiap proses dalam mendesain, karena menurut beliau ada keindahan dalam suatu proses. Sedangkan mahasiswa Arsitektur, memaparkan karya dengan judul "Dari Kadiri Menuju Kediri" yang menjadi Juara I pada Sayembara Bundaran Sekartaji Kota Kediri 2016. Prodi T.Lingkungan yang diwakili oleh Pak M.Mirwan ST., MT. memaparkan materi terkait Green Building dan Emisi Buang agar tercipta hunian yang nyaman, sedangkan mahasiswa T.Lingkungan yang diwakili oleh Muhammad Firdaus Kamal memaparkan karya dengan judul "Green Building Awareness Award sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kota yang Berwawasan Lingkungan" yang pernah menjadi Juara II pada Lomba Esai TL Expo 2014 dan Juara I pada Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional LSME UB 2015.
       Pada sesi kedua seminar, dilanjutkan pemaparan oleh T.Sipil dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Dosen T.Sipil memaparkan terkait pentingnya peran agama dalam menyukseskan setiap langkah yang dijalani oleh setiap manusia, sedangkan mahasiswa T.Sipil memaparkan terkait pengalamannya selama mengikuti berbagai kompetisi di bidang T.Sipil seperti Lomba Rancang Bangun Jembatan, Lomba Estimasi Biaya Proyek, dan sebagainya. Dosen Prodi DKV memaparkan terkait konsentrasinya dalam bidang menggambar manual dengan pensil warna dan cat air, serta membuat biografi. Selain itu dosen tersebut juga memberikan pencerdasan kepada para peserta Seminar Akademik bahwa Mural, Graffiti, dan Vandalisme merupakan sesuatu yang berbeda. Sedangkan mahasiswa DKV memaparkan terkait dengan pengalamanya mengikuti berbagai kompetisi mural.
       Semoga saja dengan adanya kegiatan ini dapat memacu dan memotivasi mahasiswa lainnya untuk tidak takut berkarya, sehingga kampus ini tidak kalah bersaing dengan kampus lainnya. Dan lebih besarnya lagi, diaharapakan karya-karya lainnya semakin tumbuh sehingga Indonesia lebih kompetitif ketika bersaing di kompetisi dunia. Seperti yang disampaikan oleh Pandji Pragiwaksono dalam jokesnya, "Indonesia itu lebih banyak orang bekerja ketimbang berkarya. Bahkan banyak orang yang kerja mengerjakan karya orang lain (contohnya film animasi luar negeri yang dikerjakan animator Indonesia)".

0 komentar:

Posting Komentar

Curriculum Vitae

CV