21 Jan 2016

Sinergisitas Triple Helix dalam Membangun Industri Tambang yang Berkelanjutan


Seringkali ketika mendengar kata “tambang” yang terlintas dipikiran masyarkat adalah stigma-stigma negatif tentang kerusakan lingkungan. Wilayah yang menjadi area pertambangan akan terkikis, sehingga dapat menyebabkan erosi. Limbah hasil pengolahan tambang juga dapat mencemari lingkungan.
Namun hal yang patut dicermati dari sebuah usaha tambang adalah upaya yang dilakukan dalam pengelolaan lingkungan untuk  meminimalisir efek dari kerusakan yang telah dilakukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan Sinergisitas Triple Helix.
Triple Helix adalah sinergi kekuatan antara akademisi, industri (dunia usaha), dan pemerintah. Kalangan akademisi dengan sumber daya, ilmu pengetahuan, dan teknologinya memfokuskan diri untuk menghasilkan berbagai temuan dan inovasi yang aplikatif, sehingga perusahaan tambang dapat efektif dan efisien dalam menjalankan proses bisnisnya. Kalangan bisnis melakukan kapitalisasi yang memberikan keuntungan ekonomi dan kemanfaatan bagi masyarakat dengan memperhatikan pengelolaan lingkungan yang baik agar dapat tercipta pembangunan yang berkelanjutan. Sedang pemerintah menjamin dan menjaga stabilitas hubungan keduanya dengan regulasi kondusif.
sumber: Farinha & Ferreira (2013)


Referensi
Farinha, Luis & João J. Ferreira, 2013. Triangulation of the Triple Helix: A Conceptual Framework diakses dari www.triplehelixassociation.org [19 Januari 2016].

0 komentar:

Posting Komentar

Curriculum Vitae

CV