9 Feb 2015

Jalan-jalan ke Situs Candi Agung Amuntai, Kalimantan Selatan

Candi Agung adalah sebuah situs candi Hindu berukuran kecil yang terdapat di kawasan Sungai Malang, kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Candi ini diperkirakan peninggalan Kerajaan Negara Dipa yang keberadaannya sezaman dengan Kerajaan Majapahit.

Situs Candi Agung Amuntai, Kalimantan Selatan
Jarak yang ditempuh dari Banjarmasin menuju Amuntai sekitar 190 km dengan waktu tempuh 4-5 jam perjalan. Di Situs Candi Agung ini terdapat peninggalan sejarah seperti Tiang Mahligai, Tiang Sembilan, tempat pertapaan Pangeran Suryanata, Telaga Darah, juga benda bersejarah temuan para arkeolog di lokasi tersebut seperti fragmen bunga teratai, guci China, dan aneka tembikar bertuliskan huruf China. Benda temuan para arkeolog tersebut sebagian disimpan di Museum yang didirikan di lokasi Candi Agung tersebut.

Candi Agung Amuntai
Meskipun Situs Candi Agung dijadikan sebagai objek wisata, namun kondisinya terlihat kurang baik. Hal ini terlihat dari penataan tanaman yang tumbuh di Situs Candi Agung, fasilitas penunjang (toilet, musholla, dll), serta kurangnya informasi terkait benda-benda peninggalan sejarah yang terdapat di Situs Candi Agung.

Peninggalan sejarah Candi Agung Amuntai dan kepercayaan masyarakat sekitar
Hal ini tentu sangat menyulitkan para wisatawan, khususnya yang tidak mengetahui sejarah Candi Agung di Amuntai ini. Padahal apabila Situs Candi Agung ini dapat dikelola dengan baik, seperti halnya Candi Borobudur yang terletak di Magelang dan Candi Prambanan yang terletak di Sleman, bisa saja dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi, khususnya yang berada di luar provinsi Kalimantan Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Curriculum Vitae

CV