11 Jan 2015

Peran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam Mewujudkan Pertumbuhan Berkelanjutan


Sektor industri merupakan sektor yang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pendapatan negara, khususnya bagi negara berkembang seperti Indonesia. Negara-negara berkembang berlomba-lomba untuk menarik investor baik dari dalam negeri dan luar negeri untuk menanamkan modalnnya dengan mendirikan industri di negara berkembang tersebut.
Pengembangan industri mempunyai efek positif pada perekonomian negara, antaralain penyerapan tenaga kerja, meningkatkan penghasilan penduduk, meningkatkan pendapatan negara melalui sektor pajak, dan sebagainya. Namun disisi lain industri selalu menghasilkan limbah, atau produk samping yang dapat mencemari lingkungan. Apabila limbah industri tersebut tidak dapat ditangani dengan baik, maka keuntungan ekonomi yang didapat dari beroperasinya industri tersebut menjadi keuntungan semu yang sesaat saja.
Penerapan kinerja perusahaan yang berwawasan lingkungan (green industry) sebagai bagian restrukturisasi usaha perlu dilakukan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi industri terhadap upaya melestarikan lingkungan sekaligus meningkatkan kualitas lingkungan hidup untuk generasi mendatang.
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. adalah produsen semen yang terbesar di Indonesia yang berstatus multinational corporation. Pada tanggal 20 Desember 2012, PT Semen Indonesia Tbk resmi berganti nama dari sebelumnya bernama PT Semen Gresik Tbk. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. adalah Holding Company (HoCo) yang membawahi 4 buah Operating Company (OpCo) yaitu PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, dan Thang Long Cement.
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. secara terencana memadukan lingkungan hidup dalam proses bisnisnya dengan memastikan keseimbangan keberlanjutan dari aspek ekonomi (profit), sosial (people), dan lingkungan (planet) agar tercipta pertumbuhan berkelanjutan.

Guna mencapai pertumbuhan berkelanjutan, maka PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. menggagas program yang bernama “BERSINERGI” yang memiliki makna BERsama Semen Indonesia cERdaskan neGerI. Empat pilar utama dalam penerapan “BERSINERGI” ditetapkan untuk memperkokoh pemberdayaan masyarakat sekitar yaitu:
1. SI CERDAS
2. SI PRIMA
3. SI LESTARI
4. SI PEDULI



Program Pendidikan
Pendidikan merupakan prioritas SI dalam upaya meningkatkan kualitas SDM internal dan eksternal yang menunjang proses bisnis. Program unggulan dalam pilar ini adalah SI Cerdas yang mengutamakan pendidikan, pelatihan dan pendampingan kepada:
1. Pekerja bangunan
2. Mitra bisnis lokal
3. Calon tenaga kerja lokal melalui pendidikan kejuruan dan keterampilan



Program Produk dan Layanan
Produk & Layanan Pelanggan. Melalui program SI Prima, Semen Indonesia akan terus meningkatkan kualitas pelayanan prima dan menjaga hubungan yang win-win dengan pelanggan, tukang bangunan, distributor, agen, kontraktor, supplier, dan pengembang. Hal ini merupakan bagian dari upaya kami dalam meraih predikat produk semen ramah lingkungan.

Program Lingkungan
Lingkungan. Aktivitas operasional bisnis SI bersandar pada upaya pelestarian SDA yang berkelanjutan. SI melalui program SI Lestari senantiasa melakukan inovasi, menggunakan teknologi terkini yang ramah lingkungan serta berkontribusi dalam penggunaan energi alternatif terbarukan.

Program Sosial Ekonomi
Sosial Ekonomi. SI selalu berupaya meningkatkan kualitas SDM masyarakat sesuai dengan kebutuhan secara wajar dan berimbang. Tujuan SI adalah bersama-sama berkontribusi dalam peningkatan kualitas sosial ekonomi masyarakat melalui program SI Peduli serta terus memaksimalkan pengelolaan dampak operasional.

sumber:
Laporan Tahunan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Tahun 2013 diakses dalam http://semenindonesia.com/page/read/laporan-tahunan-2453 (10 Januari 2015).

0 komentar:

Posting Komentar

Curriculum Vitae

CV