30 Agt 2014

Tips dalam Memilih Jurusan Kuliah

Kali ini saya akan menshare pengalaman saya dalam dunia perkuliahan, khususnya mengenai bagaimana cara memilih jurusan kuliah?
Pengalaman yang saya share di sini berdasarkan dengan apa yang telah saya alami sejak lulus dari bangku SMA pada tahun 2011 lalu. Ketika dinyatakan lulus pada tahun 2011, saya memang belum menerapkan hal-hal di bawah ini, karena minimnya info dan wawasan yang saya dapat terkait dunia perkuliahan. Namun dengan adanya tulisan ini, saya berharap orang-orang yang membaca atau pernah mendengar tips-tips yang saya buat ini dapat memiliki pandangan yang lebih luas tentang bagaimana cara memilih jurusan kuliah, sehingga diharapkan para pembaca dan pendengar tidak "TERSESAT" di dalam gemerlapnya jurusan-jurusan tertentu dalam dunia perkuliahan.

HARAP DIBACA, DIPELAJARI, DAN DIPAHAMI TIPS-TIPS BERIKUT INI DALAM MEMILIH JURUSAN KULIAH:
1. BERUSAHA DAN BERDOA
Berusaha dan berdoa sangat penting dilakukan agar dapat berhasil dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Usaha yang dapat dilakukan dalam hal ini adalah dengan mencari info sebanyak-banyaknya tentang dunia perkuliahan dan bagaimana seleksi masuknya, selain itu jangan lupa persiapkan diri dengan belajar. Jangan lupa iringi juga setiap usaha yang kita lakukan dengan berdoa dan selalu ingat kepada Allah SWT.

2. BUAT LAH DAFTAR LIST JURUSAN YANG DIINGINKAN
Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam melakukan pencarian info seputar jurusan.

3. CARI LAH SEBANYAK-BANYAKNYA INFO TERKAIT JURUSAN YANG DIPILIH
info yg dicari bukan hanya sekedar daya tampung mahasiswa, biaya kuliah, peluang utk masuk, dan prospek jurusan kedepannya. Tetapi lihat lah juga mata kuliah apa yg nanti dipelajari di jurusan tersebut, kemudian cari dan coba pelajari lah materi kuliah tersebut. Hal ini dilakukan agar kalian dapat mengetahui bagaimana gambaran dari perkuliahan di suatu jurusan.

4. JANGAN LAH IKUT-IKUTAN DENGAN TEMAN
Misalnya teman-teman kita banyak memilih jurusan X, maka kita ikut mengambil jurusan X. Padahal belum tentu jurusan X tersebut sesuai dengan bakat dan minat kita.

5. JANGAN TERPENGARUH DENGAN TREN YANG ADA
Saat ini orang cenderung memilih jurusan yang lagi tren di zamannya. Beberapa Jurusan yang sedang tren saat ini antaralain:
BIDANG IPA
1) bidang komputer (teknik informatika, teknik komputer, sistem informasi, ilmu komputer);
2) bidang kesehatan (kedokteran, keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat);
3) bidang robotika (teknik elektro, teknik komputer, teknik mesin)
BIDANG IPS
1) bidang ekonomi (akuntansi, manajemen) ;
2) hukum

6. PILIH SESUAI DENGAN MINAT DAN BAKAT YANG TELAH DIMILIKI
Misalnya kalian menyukai hal-hal yg berhubungan dengan penelitian, pengamatan, serta praktek di lapangan maka pilih lah jurusan-jurusan sains yg berhubungan dengan laboratorium (tabung reaksi, zat-zat kimia, peralatan fisika).
Apabila menyukai hal-hal yang berhubungan dengan logika maka bisa memilih jurusan matematika atau fisika, jurusan yg berhubungan dengan komputer atau teknik elektro.
Menyukai hafal-hafalan biasanya memilih bidang kesehatan, farmasi, biologi, psikologi, atau ilmu hukum.
Apabila menyukai hal-hal yg berbau project dan pekerjaan lapangan dapat memilih jurusan di fakultas teknik.

7. PRESTASI DI SMA JUGA DAPAT DIPERTIMBANGKAN
Apabila anda pernah meraih prestasi di masa SMA, maka cobalah cari jurusan yang berhubungan dengan prestasi tersebut. Karena bisa jadi prestasi tersebut dapat memotivasi anda dalam menjalani kuliah di suatu jurusan yang anda pilih. Misalnya: waktu SMA pernah menang Lomba Karya Tulis Ilmiah bidang Sains atau Lingkungan, maka sebaiknya pilih lah jurusan di Fakultas MIPA atau Tek.Lingkungan (Tek.Lingkungan mencakup semua pelajaran seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Jangan lah memilih jurusan yang berhubungan dengan banyak logika seperti bidang komputer karena hal ini tidak sesuai dengan minat dan bakatnya.


SEKIAN TIPS DARI SAYA
TIPS INI DIBUAT BERDASARKAN RISET SELAMA 2 TAHUN
© Muhammad Firdaus Kamal

0 komentar:

Posting Komentar

Curriculum Vitae

CV