17 Jul 2014

Program Kreativitas Mahasiswa 2013 (Pengalaman Pertama "THE REAL" Penelitian)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu wadah yang diselenggarakan Direktorat Jendral Penelitian dan Pengabdian  Kepada Masyarakat (DILITABMAS) Ditjen DIKTI untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi. PKM pertama kali diselenggarakan pada tahun 2001 oleh DIKTI, PKM bertujuan untuk membuka peluang mahasiswa dalam berkarya seluas para dosennya. Melalui PKM, mahasiswa mendapatkan peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian berkarakter.
PKM yang diselenggarakan Ditjen DIKTI ada 7 (tujuh) macam dengan rincian 6 PKM bermuara di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang meliputi PKM Kewirausahaan, PKM Teknologi, PKM Penelitian, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, PKM Karsa Cipta, dan PKM Gagasan Tertulis, serta satu PKM diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah (PKM Artikel Ilmiah).
Pada PKM tahun 2013 didanai tahun 2014, Alhamdulillah dua proposal PKM Penelitian yang saya ajukan lolos didanai DIKTI. Yang pertama adalah Potensi Ekstrak Ketapang sebagai Agen Hipoglikemik dan Obat Alternatif Antidiabetes, dan yang kedua adalah Uji Efektivitas Adsorben Kandungan SiO2 Dan Al2O3 dari Lumpur Lapindo Terhadap Penurunan Kadar Besi dan Mangan Pada Air. Kegiatan penelitian pun dimulai sejak bulan Maret hingga monev DIKTI (sekitar pertengah bulan Juli).
Begitu banyak ilmu dan pengalaman yang didapat dari kegiatan penelitian ini, karena dengan melakukan eksperimen secara langsung, maka akan lebih mudah bagi kita dalam memahami suatu ilmu pengetahuan.
Hampir setiap hari proses penelitian dilakukan. Menguras waktu, tenaga, bahkan biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi rasa keingintahuan dan mencapai target yang diinginkan. Meskipun melelahkan, namun semua itu kita jalani dengan penuh semangat. Apalagi ini merupakan "THE REAL" penelitian yang saya kerjakan.




Labortorium Rumah Hewan Coba
Meskipun belum mencapai PIMNAS tahun 2014, saya tidak kecewa dengan hal tersebut. Karena target yang ingin saya tuju adalah ingin membuktikan pemikiran yang selama ini saya yakini dan melakukan publikasi ilmiah hasil penelitian dalam Seminar Nasional.
Terimakasih sebesar-besarnya saya ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu penelitian ini, khususnya tim PKM Ketapang dan PKM Lapindo.

 
Tim PKM Ketapang setelah presentasi Monev PKM DIKTI

Seminar Nasional Biodiversitas V Universitas Airlangga

0 komentar:

Posting Komentar

Curriculum Vitae

CV